Dukung TIMNAS U-23 Untuk Mendapatkan Emas di SEAGAME

Besar Peluang Indonesia Raih Emas SEA Games

Minggu, 23 Oktober 2011



Pengamat sepakbola dan pelatih fisik Persipura U-15 Daniel Womsiwor mengatakan peluang timnas SEA Games untuk meraih medali emas sepakbola di SEA Games sebab materi pemain timnas cukup mumpuni dan memiliki kecepatan.

“Walau demikian saya berharap lini belakang harus dibenahi dan kalau mereka membantu serangan harus cepat kembali ke posisi semula. Soalnya kecepatan tim lawan seperti Thailand, Malaysia dan Singapura akan memanfaatkan serangan balik,” papar Womsiwor pelatih PS Uncen kepada GOAL.com Indonesia di Jayapura, Sabtu (22/10).
”Namun saya yakin coach RD lebih mengetahui pemain mana yang pantas dan siap diturunkan dalam setiap laga. Pasalnya mantan pelatih Persipura ini telah mengenal watak anak-anak Papua dan mampu mengarahkan mereka dalam bermain,” tuturnya lagi.
Hasil undian cabang sepak bola SEA Games XXVI, menempatkan Indonesia di Grup A bersama Malaysia, Thailand, Singapura dan Kamboja. Sementara itu, Grup B berisikan Vietnam, Myanmar, Laos, Filipina, Brunei Darussalam dan Timor Leste.
Malaysia adalah peraih medali emas SEA Games 2009 di Laos. Mereka juga punya sistem pembinaan pemain muda yang sudah terbukti prestasinya. Materi timnas Malaysia yang menjuarai Piala AFF 2010, lebih dari setengahnya adalah pemain-pemain yang menjuarai SEA Games 2009.
Tim Malaysia SEA Games juga mampu menahan imbang Arbil SC yang mengalahkan Persipura di perempat final AFC dengan hasil 3-1. Sedangkan timnas Indonesia sendiri peraih medali emas SEA Games Manila, pada 1991 sekitar 20 tahun lalu.
Dia menambahkan sebagai tim lawan yang bermain di depan pendukung timnas Indonesia  biasanya pemain lawan bermain aman dan akan memanfaatkan kesalahan atau kecepatan dalam melakukan serangan balik.
“Saya kira coach RD tak perlu khawatir dengan hasil drawing yang menempatkan Indonesia ke dalam group maut. Apalagi kemampuan lima pemain asal Papua yang ikut memperkuat tim SEA Games akan memberikan yang terbaik demi meraih medali emas.” 
Melihat beberapa kali ujicoba timnas lanjut dia telah menunjukkan perkembangan yang lebih baik dan Titus Bonay beberapa kali mampu mencetak goal pertanda bagus bagi tim dalam laga nanti.
”Saya kira kalau coach RD masukan lima pemain Papua dalam line up dan didukung pemain lainnya seperti Andik Firmansyah, Ramdani Lestaluhu, Ferdinand Sinaga pasti lebih tajam,” papar Womsiwor seraya menambahkan walau Andik Firmansyah, Lukas Mandowen dan Octo Maniani berpostur kecil tetapi memiliki kecepatan dalam bermain bola-bola pendek.

“Saya yakin trio mungil ini akan merepotkan barisan belakang tim lawan hingga memudahkan Titus dan Ferdinand untuk membikin gol”. Sedangkan Yongki Aribowo dan Patrick Wanggai lanjut dia bisa berperan sebagai second striker atau pun otak serangan dari timnas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 BERITA BOLA All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.